Iklan

Redaksi News
April 10, 2016, April 10, 2016 WIB
Last Updated 2016-04-10T17:19:27Z
Tutorial

Cara Membuat dan Setting Domain di XAMPP

Advertisement
Setelah kita menginstal xampp pada komputer kita maka kita dapat membuat domain sendiri pada localhost komputer kita sendiri. Jika anda masih belum mempunyai xampp and dapat membaca cara mudah instal dan setting xampp di artikel berikut Cara Instal Xampp

untuk dapat membuat dan mengakses domain buatan kita sendiri melalui web server xampp ada beberapa pengaturan yang harus anda lakukan pada xampp dan host komputer anda berikut detailnya.

Cara Membuat dan Setting Domain di XAMPP


1. Membuat Folder Di htdocs
buatlah folder di directory htdocs.
htdocs bertempat di C/D (tempat anda menginstal xampp ) xampp > htdocs.cobalah membuat sebuah folder baru (contoh nama folder : firstweb )
2. Setting VirtualHost
untuk mengaktifkan virtual host pada xampp silahkan anda buka file httpd-vhosts.conf tempatnya dixampp > apache > conf > extra > httpd-xampp.conf silahkan buka dan edit menggunakan text editor notepad++, sublime atau yang lain, yang penting bisa untuk mengedit text.
cari kode seperti ini #NameVirtualHost *:80 hilangkan tanda “#” (baca pager) di depanNameVirtualHost *:80, jadi kodenya menjadi seperti ini NameVirtualHost *:80
kita asumsikan kita akan membuat domain dengan nama “firstweb.test” maka tambahkan kode berikut di barisan paling bawah.
.

jangan lupa save setelat edit selesai
3. Setting Windows Host
setiap domain mempunya IP, maka domain firstweb.test yang kita buat tadipun mempunyai IP. Ip domain di webserver xampp akan mengikuti IP local komputer. maka dari itu lakukan update pada host windows dengan memasuk kan IP dan nama domain kita pada host windows komputer.
buka file “host” letak nya di C:\Windows\System32\Drivers\etc\hosts, buka dengan text editor dan tambahkan localhost IP dan nama domain yang kita buat tadi contoh :
127.0.0.1    firstweb.test
127.0.0.1    www.firstweb.test
4. Buat File Index.html
untuk dapat melihat hasil domain yang kita buat tadi kita akan buat file index.html pada folder “firstweb”
buat file index.html dan isikan kode html sederhana seperti di bawah pada file index.html
setelah itu buka xampp-control-panel.exe
xampp control panel

xampp control panel
klik start pada 2 tombol yang di beri tanda panah biru. kemudian buka browser sebaiknya menggunakan browser mozilla firefox. dan tuliskan ada addresbar alamat domain yang kita buat tadi
firstweb.test atau www.firstweb.test (kalau menggunakan web browser google crome tuliskan http://firstweb.tes atau http://www.firstweb.test ) maka pada browser kita akan terbuka file index.html yang kita buat tadi
Local Domain

Local Domain
selamat anda sudah mempunyai domain sendiri dengan nama suka-suka dan terserah kita di localhost webserver. untuk selanjutnya kita akan dapat menginstal wordpress, Jompla, CI dan sebagainya dengan pengaturan dasar kurang lebih seperti yang telah di jabarkan di atas membuat dan setting domain di localhost xampp.